Anatomi lapisan kulit

Lapisan dermis terdiri atas bagian-bagian berikut. Rambut Rambut ada pada seluruh bagian tubuh, tetapi sebagian besar berupa rambut vellus yang kecil dan tidak berwarna atau samar.

Kelenjarnya dan saluranya dilapisi epitel. Epidermis Sumber: Sel pada stratum basalis akan membelah, berproliferasi dan pindah ke permukaan epidermis.

Penyakit ini mudah sekali menular ke orang lain secara langsung misalnya bersentuhan dengan penderita, atau tidak langsung misalnya melalui handuk atau pakaian. Kelenjar sebasea mengeluarkan sebum yang biasanya dialirkan ke folikel rambut. Bisul Bisul merupakan infeksi kulit berupa benjolan, tampak memerah, yang akan membesar, berisi nanah dan terasa panas, dapat tumbuh di semua bagian tubuh, namun biasanya tumbuh pada bagian tubuh yang lembab, seperti: Dari bagian-bagian setiap sistem itu memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

Lapisan Epidermis terdiri dari: Ternyata hal itu terkait dengan fungsinya, yaitu sebagai pengatur suhu tubuh. Lempeng kuku terletak pada stratum korneum, sedangkan dasar kuku terletak pada stratum basal dan spinosum. Sebagian besar orang yang berkulit gelap dan bagian-bagian kulit yang berwarna gelap pada orang yang berkulit cerah mengandung pigmen ini dalam julah lebih banyak.

Sel basal yang lain akan berpindah ke atas dan berubah bentuk menjadi sel spinosum. Melanosit Melanosit merupakan sel-sel khusus epidermis yang terutama terlibat pada produksi pigmen melanin yang mewarnai kulit dan rambut.

Korpuskulus ini ditemukan pada jaringan ikat termasuk dermis dan kapsula sendi. Kelenjar Ekrin terbentuk sempurna pada minggu ke 28 kehamilan dan berfungsi 40 minggu setelah kelahiran. Gejalanya antara lain yaitu: Keluhan berupa rasa gatal pada daerah yang terkena kulit jadi bersisik dengan sisik yang melingkar-lingkar.

Rambut halus di dahi dan badan lain disebut rambut velus. Coba Anda perhatikan kulit Anda ketika suhu udara terlalu dingin atau panas! Reseptor ini dibantu oleh reseptor yang terdapat di dalam sistem saraf pusat. Jumlah sel matinya sebanyak 25 sampai 30 lapisan dan semakin gepeng saat mendekati permukaan kulit.

Stratum retikulare, yang lebih tebal dari stratum papilare dan tersusun atas jaringan ikat padat tak teratur terutama kolagen tipe I Selain kedua stratum di atas, dermis juga mengandung beberapa turunan epidermis, yaitu folikel rambut, kelenjar keringat, dan kelenjar sebacea Rambut, merupakan struktur berkeratin panjang yang berasal dari invaginasi epitel epidermis, yaitu folikel rambut.

Struktur Kulit – Pengertian, Anatomi, Gambar dan Fungsinya

Ujung saraf motorik berguna untuk menggerakkan sel-sel otot yang terdapat pada kulit. Di dalamnya terdapat butir-butir yang halus disebut butir melanin warna. Lapisan-lapisan Kulit Universitas Sumatera Utara 2.

Struktur Anatomi Dan Fungsi Kulit Manusia

Subkutis hypodermis Subkutis terdiri dari kumpulan-kumpulan sel lemak dan diantaranya terdapat serabut-serabut jaringan ikat dermis.

Komponen dari lapisan ini berisi banyak struktur khusus yang melaksanakan fungsi kulit. Gatal-gatal saat pagi, siang, malam, ataupun sepanjang hari Universitas Sumatera Utara 2. Kelenjar keringat tidak terdapat dalam kulit tapak tangan dan telapak kaki.

Folikel rambut akan mengalami siklus pertumbuhan dan istirahat. Gejalanya adalah bengkak, merah, melepuh, dan menyebabkan rasa sakit di kulit. Pertumbuhannya 1mm per minggu. Lapisan subkutan mengandung lemak paling banyak untuk melindungi tubuh serta membantu tubuh untuk menyesuaikan diri dengan suhu luar.

Pemberian vitamin D sistemik masih tetap diperlukan. Anatomi Kulit Manusia Anatomi kulit manusia terdiri dari beberapa macam organ.

Anatomi dan Fisiologi Sistem Integumen Manusia

Jaringan epidermis ini disusun oleh 50 lapisan sel-sel mati, dan akan mengalami pengelupasansecara perlahan-lahan, digantikan dengan sel telur yang baru. Epidermis mengalami modifikasi pada berbagai daerah tubuh yang berbeda.

Lempeng kuku terdiri dari 3 bagian yaitu pinggir bebas, badan, dan akar yang melekat pada kulit dan dikelilingi oleh lipatan kulit lateral dan proksimal.

Rambut tumbuh dalam sebuah rongga yang dinamakan folikel rambut yang terbentuk melalui pertumbuhan dari epidermis ke dalam dermis. Selain itu kulit juga mengabsorpsiobat-obatan tertentu yang digunakan sebagai salep. Ketebalan epidermis dapat meningkat jika bagian tersebut banyak digunakan dan bisa mengakibatkan pembentukan kalus pada telapak tangan atau klavus corns pada kaki.

Serabut kolagen, untuk memberikan kekuatan kepada kulit, dan retikulus, terdapat terutama di sekitar kelenjar dan folikel rambut dan memberikan kekuatn pada alai tersebut.

Lapisan Dermis Merupakan lapisan dibawah epidermis yang jauh lebih tebal dari pada epidermis.ANATOMI KULIT laurallongley.commis – butir kasar terdiri atas keratohialin • Stratun Spinosum – lapisan epidermis yang Anatomi dan Fisiologi Kulit. –Kuku adalah bagian terminal lapisan tanduk (stratum corneum) yang menebal.

Bagian kuku yang terbenam dalam kulit jari disebut akar kuku (nailroot), bagian yang. 22/3/ · Anatomi Kulit, Materi Kuliyah Kesehatan, Download Askep Grtatis, Info Kesehatan dan Lain-lain.

Dermis membentuk bagian terbesar kulit dengan memberikan kekuatan dan struktur pada kulit (Eckert, ). Dermis atau Korium (Kulit Jangat) adalah lapisan jaringan Author: Rista Ayustri.

3 Semua kulit secara anatomi terdiri dari 3 lapisan diatas, tetapi masing-masing mempunyai ketebalan yang berbeda. Epidermis paling tebal pada.

12/10/ · Proses pembaruan lapisan tanduk, terus berlangsung sepanjang hidup, menjadikan kulit ari memiliki self repairing capacity atau kemampuan memperbaiki diri.

Anatomi lapisan kulit
Rated 5/5 based on 4 review